Diet rendah karbohidrat Low Carb

EASidn.com – Diet karbohidrat merupakan salah satu cara yang banyak orang lakukan untuk menurunkan berat badan. Konsep dasar dengan melakukan diet ini dengan cara mengurangi asupan karbohidrat harian dan menggantinya dengan asupan nutrisi lainnya.

Dari berbagai jenis diet yang ada, tentunya diet Low carb ini menjadi pertanyaan tersendiri tentang bagaimana cara melakukannya.

Namun, untuk mengetahui lebih dalam lagi, maka biarkan saya menjelaskan tentang, asal mula program diet rendah karbohidrat tersebut seperti yang telah di sampaikan oleh Marks Daily Apple dalam bukunya yang ia teliti tentang diet LCD ini.

Diet Rendah Karbohidrat Massa Purba

Di dalam bukunya telah menyampaikan, bahwa sebenarnya diet LCD ini di lakukan oleh orang pada jaman dahulu di jaman purba. Dimana manusia pada saat itu mengkonsumsi makanan hasil berburu, makan dari buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan. Dari hasil riset yang dilakukannya, bahwa pola hidup mereka sangat sehat, selama tidak terkena virus dan bakteri yang mematikan.

Penyakit yang biasa kita temukan dari manusia modern, seperti penyakit tekanan darah tinggi ,kolesterol dan diabetes tidak ditemukan pada massa tertentu. yang menjadi asumsinya, bahwa dengan mengkonsumsi makan daging meski di pertanyakan, “apakah ini salah satu pemicu terjadinya penyakit kolesterol “ .

Penyakit seperti diabetes ,tekanan darah tinggi,jantung dan penyakit sejenis lainnya,malah di temukan saat peradaban pertanian. Dimana pertanian menjadi berkembang dimana-mana dan menjadikan sumber makanan yang tinggi protein dan lemak berubah menjadi tinggi karbohidrat, seperti produk roti, kentang, nasi dan lain sebagainya .

Faktor Makanan Memiliki Peranan Besar keberhasilan Diet

Seperti yang di ungkap oleh Marks Daily Apple dalam bukunya, bahwa makanan memiliki faktor yang besar keberhasilan seseorang menurunkan berat badan sebanyak 80 % .

Ada banyak yang beranggapan, bahwa melakukan olahraga memiliki peranan yang sangat besar di banding mengatur pola makan tertentu, namun nyatanya bahwa , banyak orang yang rajin berolahraga dapat terkena penyakit serangan jantung dan stroke.

Panduan Untuk Melakukan Diet Rendah Karbohidrat Atau Low Carb

Pada dasarnya karbohidrat di butuhkan tubuh setiap hari. Namun kebutuhan setiap orang berbeda-beda, terutama bagi seseorang yang memiliki aktifitas yang intens tinggi yang membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak di banding yang sedikit memiliki aktifitas.

Diet rendah karbohidrat dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dari kebutuhan biasanya. Contohnya orang dewasa membutuhkan asupan setiap harinya sebanyak 300 sampai 400 gram dan menguranginya menjadi 150 sampai 200 gram.

Makanan Apa saja Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Diet Rendah karbohidrat ?

Karbohidrat tetap di konsumsi untuk melakukan diet ini, namun untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama, maka mengkonsumsi di perlukan asupan nutrisi lainnya, seperti protein yang berasal dari kacang-kacangan,ikan, telur dan daging. Serta dilengkapi dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran sehat lainnya seperti susu, mentega dan minyak kelapa.

Diet ini di maksudkan untuk mengurangi asupan karbohidrat sederhana terlalu banyak pada tubuh dan meskipun tidak menurunkan kadar kalori yang berlebih. Dan hindarilah makanan yang manis, pemanis buatan, sirup jagung fruktosalemak trans, serta olahan tepung dan lainnya.

Contoh Makanan Untuk Program Diet Low Carb

Sebagian dari kita akan merasa kebingungan untuk memulai dan memilih makanan jenis mana yang akan dikonsumsi , karena makanan itu banyak sekali jenisnya. Namun, contoh yang akan saya sampaikan di bawah ini akan membantu anda dalam melakukan diet low carb ini.

  1. Gado-gado yang di perbanyak sayuran dan di tambah dengan telur dan tahu tempe ( tanpa kentang dan lontong )
  2. Ikan bakar. Bisa ikan laut atau ikan sungai dan sebaiknya pilih ikan yang memiliki lemak baik dan di campur dengan sayur-sayuran, seperti tomat, timun dan sayuran lainnya
  3. Ikan sarden di makan dengan sayur-sayuran
  4. Daging sapi barbeque bisa di makan dengan campuran salada besar dan sayuran
  5. Telur ayam kampung yang di campur dengan sayur-sayuran ( bisa telur goreng, rebus, di tumis bersama sayur dan sebagainya )

Demikianlah cara melakukan diet rendah karbohidrat berikut dengan contohnya yang bisa diterapkan dengan mudah sesuai dengan kondisi lingkungan yang berbeda

Related Post