Hindari Kesalahan Ini, Agar Tidak Cidera Ketika Membentuk Otot Dada

EASidn.com – Berencana berlatih untuk membentuk otot dada, dan belum sepenuhnya tau tentang bagaimana cara melakukannya ?

Sekilas , untuk melakukan latihan dalam membangnun otot dada terlihat mudah dan tinggal melakukannya saja sesuai petunjuk yang ada. Namun ada hal-hal yang sebaiknya tidak boleh di lakukan, karena itu bisa membuat program latihan yang dilakukan kurang mendapatkan hasil yang baik dan tidak maksimal sesuai dengan harapan.

Jika latihan yang kamu lakukan tersebut belum mendapatkan hasil, mungkin kamu melakukan kesalahan di bawah ini .

Okke, cukup basa basinya, kita ketahui lebih lanjut tentang hal-hal yang menghambat bentuk ototmu pada penjelasan dibawah ini sampai selesai.

  1. Kurang melatih otot dada bagian atas

Dalam setiap gerakan yang dilakukan melatih otot dada memiliki intensitas yang berbeda di setiap gerakannya. Untuk hasil yang lebih baik di perlukan perhatian lebih dari detail setiap latihan yang dilakukan dan mulai menambahkan latihan dengan melakukan incline bench press.

  1. Terlalu fokus di latihan bench press

Melakukan latihan fitnes Bench press memang memiliki peranan yang cukup besar dalam melatih otot bagian dada. Namun, jika banyak melakukan latihan itu, maka bentuk otot dada akan tidak mendatangkan hasil yang maksimal. perlu variasi latihan yang lainnya, karena bagian dada lainnya perlu beban untuk melatihnya ( bagian, atas, bawah,kanan dan kiri ).

Banyak orang yang menganggap, dengan melakukan latihan bench merupakan latihan utama dan harus memperbanyak lakukan repetisinya. Namun hal tersebut tidaklah tepat untuk hasil yang terbaik.

  1. Overtraining

Overtraning bisa terjadi dalam program pembentukan apa saja, terutama dalam membnetuk otot dada. Overtraing itu sendiri bisa terjadi karena beberapa alasan umum, seperti terlalu bersemangat latihan dan melupakan waktu istirahat, memperbanyak jumlah latihan dan lain sebagainya.

Overtraning akan menghambat pertumbuhan otot karena cidera dan justru program latihan akan terganggu dan akhirnya bentuk otot akan lama tercapai.

  1. Kurangi rotasi dibagian bahu yang berlebih

Banyak jenis gerakan olahraga yang melibatkan banyak pergerakan di bagian rotasi bahu di saat melakukan olahraga membentuk otot dada.

Ya, karena media pergerakan untuk melatih otot dada melalui pergerakan lengan yang secara langsung bahu ikut bergerak. Namun sebaiknya menghindari banyak pergerakan di bagian bahu yang merotasi, karena akan membuat cidera di bagian  bahu.

Latihan yang banyak melakukan rotasi di bahu contohnya latihan Chest press . dan sebaiknya kurangi melakukan latihan itu dan ganti dengan latihan lainnya yang lebih aman.

Demikianlah, tips untuk melatih otot dada agar aman dari cidera dan membantu memaksimalkan pembentukan otot dada sesuai dengan apa yang di harapkan.

Related Post