Apakah Buah Kurma Bisa Di Konsumsi Untuk Diet Dan Apa Saja Manfaatnya (

Phoenix Dactylifera Atau yang biasa di sebut buah kurma merupakan buah yang berasal dari daerah sungai Efrat dan sungai Nil. Sekarang ini buah kurma di budi dayakan secara menyeluruh di setiap daerah yang beriklim hangat dengan berbagai macam vareatifnya.

Dengan rasanya yang khas dan lezat, buah kurma memiliki segudang manfaat untuk tubuh dengan berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti Vitamin C, Vitamin B1, Mineral, Vitamin dan karbohidrat. Selain itu kandungan yang terdapat dari buah kurma itu bebas lemak, kolesterol dan kaya akan serat.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah seperti zea-xanthin,lutein, dan B-karoten memiliki kemampuan untuk membantu mempertahankan struktur dan sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Makanya, buah kurma disarankan untuk dikonsumsi untuk berbuka puasa dengan memiliki kandungan glukosa alami. Glukosa yang terdapat dari buah kurma, memiliki manfaat yang dapat memberikan energy ke dalam tubuh. karena glukosa yang terkandung dalam buah kurma akan di ubah menjadi fruktosa. Sehingga kebutuhan energy dapat terpenuhi.

  1. Buah Kurma Dikonsumsi Untuk Program Diet

Sebagian fitnes mania, mungkin sedang menjalani program diet, untuk mengurami lemak dalam tubuh dan program lainnya.

Buah kurma memiliki kandungan protein dan karbohidrat, sehingga di dalam tubuh di cerna dengan lambat yang dapat menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu, kenapa buah kurma cocok di konsumsi untuk diet, karena memiliki kandungan yang rendah akan lemak dan bebas dari kolesterol.

Untuk mengkonsumsi buah kurma, maka sebaiknya hindarilah dengan dengan memiliki kandungan gula yang berlebih. Dengan ciri-ciri memiliki bau banyak kandungan gula dan bias dengan melihatnya dengan kulit yang mengkristal.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Ada sebuha studi yang di publikasikan oleh American Journal Of Clinical Nutrition . dala studi tersebut menyampaikan, bahwa terjadinya resiko kanker berkurang sekitar 9 persen dapat berkurang dengan mengkonsumsi magnesium setiap hari 100 miligram setiap hari.

Dalam setiap 100 gram kurma terdapat 54 gram magenesium. Maka, jika mengkonsumsi 200 gram setiap hari akan terhindar dari resiko stroke sebanyak 9 persen.

  1. Memperlancar Pencernaan

Buah kurma, memiliki manfaat yang dapat memperlancar pencernaan. Dengan memiliki kandungan serat yang dapat membantu merangsang buang air besar. Makanya, buah kurma cocok dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki persoalan tentang wasir, mual dan sembelit.

  1. Mencegah Kanker

Anthocyanin yang terkamdumg dalam buah kurma memiliki manfaat antioksidan yang kuat, sehingga mencegah terjadinya kanker dan tumor.

Sebuah penelitian dari The Adventist Health Study Research Team oleh Loma Linda universitas California menemukan, bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi buah kurma, memiliki resiko terserang kanker sekitar 0,4 persen di banding dengan seseorang yang tidak atau jarang mengkonsumsi buah kurma.

 

Related Post