Tips lari yang benar untuk menghindari cidera

Olaharga lari merupakan jenis olahraga yang paling banyak orang lakukan dan bisa di bilang, jenis olahraga yang sudah lama ada. Karena mungkin, olahraga lari merupakan hal yang paling mudah dilakukan. Tinggal angkat kaki secara bergantian antara kanan dan kiri dengan mendorongnya kedepan.

Namun, terkesan mudah untuk dilakukan, akan tetapi ada cara yang harus di pelajari agar olahraga yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Mungkin, anda pernah melakukan olahraga lari, namun di saat melakukannya tubuh merasa cepat lelah. Badan menjadi pegal-pegal dan lai sebagainya, dan sebentar lagi anda akan mengetahuinya dengan melanjutkannya dengan membanca penjelasan di bwah ini.

Hal-hal yang perlu di lakukan sebelum melakukan latihan berlari

Anda bisa memulai dengan membaca penduan tentang hal-hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan olahraga lari dan rasakan manfaat yang akan di dapat setelah dan sebelum anda mencoba tips di bawah ini.

Setiap sepatu memiliki manfaat dan model yang berbeda yang sesuai dengan kebutuhan. Dan pastikan sepatu yang akan di pakai, merupakan sepatu yang di khusukan untuk olahraga berlari karena akan memudahkan lari dengan maksimal

  • Pakai pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman merupakan salah satu pendukung dalam melakukan olahraga bisa berjalan dengan baik. Dan sebaiknya pakaian yang di pakai untuk olahraga lari, terbuat dari bahan yang mudah menyerap . dan pakaian celana pendek atau kaos kaki dan sebagainya.

  • Berjalan kaki sebelum melakukan olahraga lari

Mulailah dengan melakukan berjalan kaki terlebih dahulu untuk meningkatkan suhu badan secara perlahan dan dikit demi sedikit tingkatkan kecepatan hingga proses lari dilakukan.

Cara melakukan lari , agar terhindar dari cidera

Dengan menggunakan teknik lari yang benar akan menghindari dari terjadinya cidera . selain itu bila dilakukan dengan cara yang kurang tepat akan membuat tubuh mudah cepat capek dan lelah.

  • Posisi kepala lurus

Di saaat melakukan lari di usahakan kepala menghadap ke depan lurus, untuk menghindar dari pegal leher dan bahu yang dapat membuatnya menjadi tegang.

  • Tegakkan dada dan perut

Tegakkan dada dan perut dalam kondisi lurus . karena dengan posisi lurus seperti ini dapat membuat pernafasan lebih mudah di atur, sehingga paru-paru tersuplai kebutuhan oksigen dengan baik.

  • Posisi pinggul lurus

Posisi pinggul sebaiknya tepat lurus seperti posisi lainnya. Karena dengan posisi yang lurus akan terhindar dari cidera pinggang/pinggul .

  • Menggunakan Telapak Tengah kaki saat menginjak pijakan

Sebaiknya perhatikan langkah kaki dengan menggunakan telapak kaki bagian tengah agar terhindar dari cidera. Dan perhatikan langkah yang di lakukan sebaiknya tidak bersuara keras dan menekan terlalu kencang.

  • Bernafas dengan teratur

Atur posisi tubuh dalam posisi yang tepat, seperti pada penjelasan di atas. Dan di saat posisi tubuh tegak lurus, maka suplai oksigen untuk paru-paru akan tercukupi. Untuk informasi detail terkait cara mengatur nafas saat berlari supaya tidak cepat ngos-ngosan anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara mengatur nafas saat berlari .

 

Related Post