Tips Latihan Fitnes Di Bulan Puasa, Agar Tetap Berenergy

Olahraga merupakan hal penting untuk dilakukan untuk mendapatkan kesehatan. Namun pertanyaannya, apakah bisa melakukan fitnes di bulan puasa dan tetap memiliki banyak energy dalam melakukannya ? .

Sebagian dari kita mungkin sering melakukan fitnes selain di bulan puasa. Namun tubuh pernah mengalami cepat capek, nyeri, sakit dan energy.

Persoalan tersebut hal yang biasa terjadi, karena salah satu persoalannya adalah kurangnya asupan nutrisi yang tepat untuk seorang yang memiliki aktifitas berat, seperti para fitnes mania.

Seseorang yang memiliki aktifitas yang berat tersebut, lebih membutuhkan banyak asupan makanan yang banyak di banding bagi seseorang yang memiliki aktifitas yang sedikit dan tentunya nutrisi yang tepat pula, guna mendukung pembentukan massa otot.

Lalu, Bagaimana melakukan Fitnes Sambil Berpuasa, Sedangkan Tidak Mengkonsumsi Makanan Di siang hari ?

Ya ! pertanyaan seperti itu sering kali banyak orang pertanyakan untuk tetap melakukan fitnes di bulan puasa. Namun sebentar lagi kita akan mengetahui rahasia melakukan fitnes di bulan puasa agar tetap bernergy.

Mengatur Pola Makan Dan Pola Latihan Di Bulan Puasa Untuk Fitnes Bernergy

  1. Hindari Latihan Kardio Selama Berpuasa

Selama melakukan puasa, sebaiknya untuk menghindari melakukan latihan kardio. Di saat melakukan kardio selama berpuasa, maka tubuh mengalami defecit kalori yang dapat menyebabkan tubuh akan mudah kelelahan dan efeknya dapat membuat tubuh kekurangan kebugarannya dan program pembentukan otot terganggu.

  1. Latihan Secukupnya

Jika biasanya anda melakukan fitnes pada hari biasa ( bukan bulan puasa ) sebanyak 5 kali dalam seminggu. Maka porsi latihannya di kurangi saja dan lakukan latihan sekitar 2 sampai3 kali dalam seminggu dan melakukan latihan di malam hari.

  1. Cukupi Kalori Selama Buka Dan Sahur

Disaat melakukan fitnes, tubuh memerlukan asupan kalori untuk mendapatkan sumber energy . ada banyak jenis makanan yang mengandung kalori untuk mendapatkan sumber energy, seperti jenis kalori sederhana. Kalori sederhana merupakan jenis kalori yang mudah di serap oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energy dalam waktu yang cepat. Dan sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi jenis kalori sederhana tersebut. Anda bisa dengan megnkonsumsi makanan yang mengandung kalori sederhana tersbut dari buah pisang, gula dan lain sebagainya.

Cukupi makanan dari Sumber kalori yang komplek atau lambat di serap dalam tubuh. Jenis kalori ini merupakan jenis kalori yang dapat memberikan energy dalam waktu bertahap, karena proses penyerapannya yang lambat.untuk mendapatkan asupan makanan kalori komplek, bisa dengan megnkonsumsi buah-buahan.

  1. Penuhi Kebutuhan Protein

Protein Merupakan asupan yang sangat penting untuk membangun massa otot. Ketika tubuh kekurangan asupan protein, maka tubuh akan memakan otot dalam tubuh untuk menjadiklan sumber energy jika tubuh kekurangan protein.

Selain itu, di saat melakukan latihan fitnes micro sel otot akan rusak. Makanya banyak orang yang merasa nyeri, sakit setelah melakukan fitnes. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya asupan protein dalam tubuh dan bisa membuat otot menyusut.

  1. Cukupi Air

Karena di siang hari tidak megnkonsumsi makanan dan inuman. Maka di sela antara buka puasa dan sahur, sebaiknya konsumsi air dengan cukup dan balance. Karena di saat melakukan fitnes memiliki kemungkinan dapat mengeluarkan keringat.

Suplementasi Makanan Untuk Berpuasa Sambil Fitnes

Mungkin anda akan melakukan hal yang telah di sampaikan di atas untuk melakukan aktifitas puasa, sambil melakukan latihan fitnes untuk mendapatkan energy. Namun terkadang kita juga tidak tau, apakah pola yang anda lakukan tersebut, sudah cukup atau kurang.

Sekilas tentang suplementasi makanan. Suplemen Casein misalkan, memiliki kandungan yang cocok untuk dikonsumsi sambil berpuasa dan sambil melakukan fitnes. Karena Casein memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anda di saat berpuasa.

Suplemen Casein selain bisa di konsumsi untuk bisa melakukan fitnes sambila puasa. Memiliki manfaat lainnya, seperti .

  • Mencegah penyusutan otot
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Menahan rasa Lapar Lebih Lama
  • Meningkatkan Kekuatan

Nah ! bagaimana, sudah tau, kan sekarang bagaina cara melakukan fitnes di bulan puasa dan berenergy. Yang bisa anda terapkan dirumah dan di tempat Gym.

Related Post